Search

Esemka: 'Jangan Dikaitkan Terus dengan Jokowi, Kasihan Pak Jokowi' - Detikcom

Jakarta - Mobil Esemka sering dikaitkan dengan nama Joko Widodo. Bahkan Esemka juga sempat disebut sebagai 'kendaraan politik' mantan Wali Kota Solo itu. Saat menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi sempat menggunakan Esemka sebagai kendaraan dinasnya. Mobil Esemka yang sempat menjadi kendaraan dinas Jokowi itu diberi pelat nomor merah bertuliskan AD 1 A.

Jokowi bangga karena anak-anak SMK Surakarta dibantu oleh beberapa teknisi dari perusahaan besar mampu menggarap mobil Esemka.


Meski begitu, Jokowi juga telah menegaskan kalau tak ada kepentingan pribadi dirinya atas mobil Esemka. Menurutnya, sebagai produk dalam negeri yang digarap swasta Esemka harus didorong meskipun pemerintah tak memiliki andil dalam proses produksinya. Hal senada juga diungkap oleh Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya. Eddy mengungkapkan Esemka merupakan perusahaan swasta nasional dan tidak ada hubungannya dengan pemerintah maupun Jokowi.

"Jangan hubung-hubungkan dengan Pak Jokowi, kasihan Pak Jokowi. Selalu Esemka dihubungkan dengan Pak Jokowi, kasihan beliau," ungkap Eddy di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Pikap Esemka di pabrik BoyolaliPikap Esemka di pabrik Boyolali Foto: Ragil Ajiyanto

Eddy juga mengutarakan bahwa Esemka saat ini berbeda dengan yang dulu ditangani oleh mantan kepala BIN A.M Hendropriyono. Hendropriyono beberapa waktu lalu memang sempat menangani Esemka. Namun kata Eddy, saat ini sepenuhnya Esemka berada di bawah naungan PT SMK.

"Kan dulu Pak Hendropriyono mengantar aja ke manufaktur, sebagai fasilitator jadi bagaimana ada investor mau bergabung sebagai swasta. (Sekarang) kita ada internal kita pemegang saham, yang penting lokal nasional, pure nasional," jelas Eddy.


Esemka rencananya akan meluncurkan mobil pick-up sebagai produk perdananya meski masih dirahasiakan waktu peluncurannya. Pick-up dipilih Esemka sebagai salah satu strategi perusahaan dalam menghadapi ketatnya persaingan otomotif di Tanah Air.

"New comer otomotif kan harus punya strategi matang supaya kita tidak tergilas dengan existing kan," tutup Eddy.

Simak Video " Ini Bima, Mobil Esemka yang Komponennya Dibuat Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

Let's block ads! (Why?)


https://oto.detik.com/mobil/d-4664294/esemka-jangan-dikaitkan-terus-dengan-jokowi-kasihan-pak-jokowi

2019-08-13 12:15:38Z
52781753058226

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Esemka: 'Jangan Dikaitkan Terus dengan Jokowi, Kasihan Pak Jokowi' - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.