Search

Apa Sih Goreng Saham Seperti yang Disinggung Jokowi? - detikFinance

Jakarta - Dalam pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini (2/1/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh jajaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI untuk membersihkan pasar modal dari transaksi tidak sehat atau yang disebut goreng saham.

"Kepercayaan yang begitu besar dari berbagai pihak harus kita jaga karena dalam kesempatan ini saya berpesan dan mendukung agar otoritas bursa, OJK, BEI segera membersihkan bursa dari praktik-praktik jual beli saham yang tidak benar. Jangan kalah dengan yang jahat-jahat. Hati-hati, harus bersih, berintegrasi, berani," ujar Jokowi di gedung BEI, Jakarta, Kamis (2/1/2020)

Lantas, apa sebenarnya makna dari goreng saham itu sendiri?

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa istilah goreng saham merupakan bahasa pasar atau market yang berarti peningkatan harga suatu saham perusahaan secara signifikan yang tidak dilandasi oleh fundamental atau aksi korporasi dari perusahaan tersebut.

"Harga bergerak secara semu dengan menciptakan permintaan dan penawaran yang dikendalikan oleh oknum agar harga saham melonjak naik signifikan," ujar Lanjar kepada detikcom dihubungi melalui percakapan daring, Kamis (2/1/2020).


Menurutnya, praktik gelap ini dijalankan hanya punya 1 tujuan yakni meraup keuntungan sebesar-besarnya.

"Goreng saham ini dilakukan untuk menarik minat trader atau investor untuk mendapatkan keuntungan," ucapnya.

Cara kerjanya pun sebenarnya cukup berpola, di mana oknum akan memulai dengan rekayasa harga saham lalu menjualnya kepada investor ketika mencapai titik harga tertentu.

"Oknum akan merekayasa pergerakan harga saham hingga melonjak naik, lalu saat berada pada titik harga tertentu si oknum tersebut langsung melakukan penjualan," paparnya.


Meski demikian, hingga kini, pihak regulator sendiri dianggap tetap kesulitan mencari tau siapa oknum yang bermain dibalik praktik goreng saham tersebut.

"Siapa oknumnya itu susah diketahui, kalau mudah sudah ditangkap," tutupnya.

Apa Sih Goreng Saham Seperti yang Disinggung Jokowi?

Simak Video "Buka Perdagangan 2020, Jokowi: Jangan Ada Goreng-goreng Saham!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiZ2h0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNDg0NDIwNi9hcGEtc2loLWdvcmVuZy1zYWhhbS1zZXBlcnRpLXlhbmctZGlzaW5nZ3VuZy1qb2tvd2nSAQA?oc=5

2020-01-02 10:37:43Z
52781973815223

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Sih Goreng Saham Seperti yang Disinggung Jokowi? - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.