Search

Kredit Macet Naik, Dampak Corona Mulai Terasa? - detikFinance

Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut kredit macet alias non performing loan (NPL) perbankan mengalami kenaikan tipis per Februari 2020. Kenaikan NPL bersamaan dengan penyebaran virus corona (covid-19) ke banyak negara.

Virus corona sendiri telah memberikan dampak pada kinerja perekonomian banyak negara termasuk Indonesia. Virus tersebut sudah melumpuhkan aktivitas produksi manufaktur di China yang notabene banyak diekspor.

Kredit macet atau non performing loan (NPL) pun bisa tak terhindarkan lantaran ada aktivitas ekonomi yang terhambat. Lalu, apakah peningkatan NPL perbankan per Februari tahun ini didorong oleh meluasnya wabah virus corona?

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengungkapkan ada banyak faktor yang membuat NPL perbankan meningkat hingga 2,77% per Februari 2020.

"Naik itu karena faktornya banyak, salah satu faktornya kreditnya kan turun," ujarnya di komplek kantor Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Berdasarkan data OJK, pertumbuhan kredit per Januari 2020 tercatat 6,1% secara tahunan (year on year/yoy).

Heru berharap pelonggaran kebijakan kolektibilitas kredit perbankan yang menjadi satu pilar dapat meningkatkan pertumbuhan kredit ke depannya. Awalnya, kolektibilitas kredit ditetapkan tiga pilar yaitu ketepatan dalam membayar, prospek usaha debitur, dan kondisi keuangan debitur.

Lebih lanjut Heru menjelaskan penurunan tingkat kolektibilitas berlaku untuk pinjaman di bawah Rp 10 miliar dan di atas Rp 10 miliar. Pilar ini hanya menitikberatkan pada kelancaran pembayaran pokok dan bunga pinjaman.

Sehingga dalam menyalurkan kredit pihak perbankan hanya butuh memastikan debitur mampu pada pembayaran pokok dan bunga pinjaman saja. Kebijakan pelonggaran ini berlaku satu tahun dan akan dievaluasi setiap enam bulan sekali sambil menunggu perkembangan penanganan virus corona.

"Bankir merespons positif upaya OJK maupun BI dan pemerintah. Kita lihat perkembangan, harapan membaik kalau dampak akan panjang sudah pikir beberapa hal akan dilakukan nanti," ungkap Heru.

Simak Video "Corona Bikin Parno, GoPay Lihat Ada Kemungkinan Peningkatan Transaksi"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiWGh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vbW9uZXRlci9kLTQ5MjY2NzAva3JlZGl0LW1hY2V0LW5haWstZGFtcGFrLWNvcm9uYS1tdWxhaS10ZXJhc2HSAQA?oc=5

2020-03-05 08:35:00Z
52782070744159

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kredit Macet Naik, Dampak Corona Mulai Terasa? - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.