Search

Baca di Sini! Alasan Lengkap Harga BBM Tak Kunjung Turun - Detikcom

Jakarta -

Harga minyak mentah dunia anjlok beberapa waktu terakhir terkena dampak virus Corona. Namun, PT Pertamina (Persero) hingga saat ini belum menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). Apa alasannya?

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, harga BBM ditetapkan oleh Kementerian ESDM. Namun, dari sisi Pertamina juga ada pertimbangan.

Nicke menuturkan, jika Pertamina BUMN trading maka harga BBM bisa langsung turun. Namun, sebagai BUMN, Pertamina tak mungkin menyetop kilang dan produksi di hulu.

"Jadi maksudnya begini terus terang dari hulu kami tidak mungkin meng-adjust seluruh opex dan capex supaya sesuai dengan harga crude hari ini. Terus terang saja biaya produksinya lebih tinggi dari harga crude hari ini," paparnya dalam rapat dengan Komisi VII, Selasa (21/4/2020).


Dia bilang, Pertamina juga mesti memprioritaskan untuk menyerap produksi dalam negeri.

"Kita prioritaskan crude dalam negeri yang secara overall memang lebih mahal. Kami juga diskusi ESDM bagaimana supaya kami tetap menyerap tapi diberi relaksasi harga," sambungnya.

Klik halaman selanjutnya.

Simak Video "Gegara Corona, Penjualan Pertamina Terendah Sepanjang Sejarah"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiYmh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vZW5lcmdpL2QtNDk4NTQwMy9iYWNhLWRpLXNpbmktYWxhc2FuLWxlbmdrYXAtaGFyZ2EtYmJtLXRhay1rdW5qdW5nLXR1cnVu0gEA?oc=5

2020-04-21 09:31:25Z
52782140383447

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Baca di Sini! Alasan Lengkap Harga BBM Tak Kunjung Turun - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.