Search

Menjawab Pertanyaan 'Harga Minyak Dunia Minus, Kok BBM Indonesia Segitu-gitu Aja?' - Detikcom

Jakarta -

Meski di tengah PSBB, turunnya harga BBM jadi berita yang dinantikan masyarakat Indonesia. Tapi kenapa BBM tak juga bertambah murah meski harga minyak dunia kini malah minus?

Pagi ini dunia dikejutkan dengan kabar harga minyak dunia yang mencapai level paling rendah. Dikutip dar CNBC, harga minyak dunia bahkan sampai minus. Itu artinya, harga minyak gratis plus diberi uang.

Hal ini bisa terjadi karena biaya penyimpanan minyak jauh lebih mahal ketimbang harga minyak itu sendiri. Saat ini ketersediaan minyak sedang melimpah ruah, sementara permintaan sangat rendah karena kebijakan lockdown dan social distancing yang diterapkan banyak negara di dunia.

Dikutip dari Autoblog, ini adalah kali pertama sepanjang sejarah harga minyak sampai negatif. Untuk diketahui, sejak beberapa pekan lalu harga minyak dunia terus mengalami penurunan. Di Amerika Serikat SPBU sudah perang harga, di mana bensin dijual Rp 2.500 per liter.

Kalau harga minyak dunia sangat rendah, kenapa harga BBM di Indonesia masih segitu-gitu aja?

Dalam keterangannya, seperti dikutip dari detikFinance, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, mengatakan pihaknya hanya mengikuti formula yang diberikan Kementerian ESDM dalam menentukan harga minyak. Intinya, harga diputuskan oleh pemerintah.

"Jadi kami setiap bulan mengikuti formula Peraturan ESDM, ketetapan harga diberikan pemerintah hari ini belum ada perubahan. Kalau soal harga itu ada di Kementerian ESDM," kata Nicke, dalam rapat kerja virtual, Kamis (16/4/2020).

[Halaman Selanjutnya: Kata Pengamat Harga BBM Harusnya Turun dari 31 Maret]

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMidWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9iZXJpdGEvZC00OTg0NzkzL21lbmphd2FiLXBlcnRhbnlhYW4taGFyZ2EtbWlueWFrLWR1bmlhLW1pbnVzLWtvay1iYm0taW5kb25lc2lhLXNlZ2l0dS1naXR1LWFqYdIBAA?oc=5

2020-04-21 03:43:15Z
52782140383447

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menjawab Pertanyaan 'Harga Minyak Dunia Minus, Kok BBM Indonesia Segitu-gitu Aja?' - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.