Search

Tak Berencana Produksi Obat Covid-19 di Dalam Negeri, Ini Alasan Kalbe Farma - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius menyatakan pihaknya belum berencana memproduksi obat antivirus Covifor atau Remdesivir di dalam negeri dengan fasilitas produksi sendiri. Perusahaan, kata dia, masih berfokus melakukan pemasaran dan distribusi obat Covid-19 jenis injeksi itu di Tanah Air.

“Belum ada pembicaraan ke sana (produksi di dalam negeri), karena pabriknya memang ada di Hetero, India. Jadi, kami saat ini belum ada rencana untuk investasi pabrik," ujar Vidjongtius, Kamis, 1 Oktober 2020. Keputusan Kalbe Farma ini berbeda dengan PT Kimia Farma (Persero) Tbk. yang sudah berencana untuk memproduksi sendiri obat antivirus Avigan di dalam negeri.

Oleh karena itu, Kalbe Farma menyatakan tidak akan melakukan investasi untuk produksi obat yang dipasarkan ke seluruh Indonesia tersebut. Tapi perusahaan tetap mempersiapkan anggaran modal kerja untuk pengadaan obat tersebut yang selanjutnya akan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Vidjongtius menjelaskan, Kalbe Farma melakukan kerjasama dengan PT Amarox Pharma Global selaku anak usaha Hetero di India untuk melakukan pemasaran obat. Caranya dengan  mengandalkan jaringan distribusi perseroan yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Saat ini, kata Vidjongtius, pemasaran obat Covid-19 itu telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pemasaran dan distribusi obat tersebut dipastikan hanya akan ditujukan ke fasilitas kesehatan rumah sakit. Sebab, obat tersebut hanya efektif untuk pasien Covid-19 yang tengah kritis.

Terkait kapasitas produksi, Amarox menjanjikan bahwa pihaknya selaku perwakilan Hetero di Indonesia akan menyanggupi pasokan  obat Covifor yang dibutuhkan di dalam negeri. Hal ini mengingat Hetero memiliki kapasitas produksi Covifor yang besar di negara asalnya.

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMicGh0dHBzOi8vYmlzbmlzLnRlbXBvLmNvL3JlYWQvMTM5MjEzOC90YWstYmVyZW5jYW5hLXByb2R1a3NpLW9iYXQtY292aWQtMTktZGktZGFsYW0tbmVnZXJpLWluaS1hbGFzYW4ta2FsYmUtZmFybWHSAW9odHRwczovL2Jpc25pcy50ZW1wby5jby9hbXAvMTM5MjEzOC90YWstYmVyZW5jYW5hLXByb2R1a3NpLW9iYXQtY292aWQtMTktZGktZGFsYW0tbmVnZXJpLWluaS1hbGFzYW4ta2FsYmUtZmFybWE?oc=5

2020-10-01 22:02:00Z
52782407613023

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Berencana Produksi Obat Covid-19 di Dalam Negeri, Ini Alasan Kalbe Farma - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.