Search

Setelah 2025, PTBA Bisa Punya Saham 40% di Proyek Gasifikasi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek gasifikasi batu bara saat ini tengah dikerjakan oleh konsorsium PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Pertamina (Persero), dan Air Products yang ditargetkan akan operasi pada triwulan dua 2024.

Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin mengatakan satu tahun setelah proyek gasifikasi batu bara beroperasi, PTBA dan Pertamina memiliki opsi untuk memiliki 40% saham di proyek tersebut.


Dia menjelaskan, dalam skema bisnis ini, Air Product sebagai investor akan membangun pabrik gasifikasi dengan nilai investasi US$ 2,1 miliar.

"PTBA dan Pertamina punya opsi memiliki saham 40% dalam waktu satu tahun setelah proyek ini Commercial Operation Date (COD) dan menghasilkan DME," ungkapnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi VII DPR RI, Senin (07/12/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, besaran nilai saham yang dibeli akan sesuai dengan investasi awal.

"Yang porsi saham dibeli sesuai dengan investasi awal," ujarnya.

Dalam skema bisnis ini, PTBA nantinya akan menyuplai batu bara, menyiapkan lahan, infrastruktur, dan lain-lain. Sementara Pertamina yang akan membeli produk DME tersebut.

"Kapasitas pabrik diharapkan bisa menghasilkan DME 1,4 juta ton per tahun dan itu setara mengurangi impor LPG 1 juta ton," paparnya.

Menurutnya melalui proyek ini, bakal menyerap batu bara sebesar 180 juta ton yang tidak bisa dijual karena memiliki kalori rendah.

Selain itu, proyek ini juga disebutkan bakal menghemat cadangan devisa hampir Rp 9,7 triliun per tahun dan adanya efek berganda ekonomi di pemerintah sebesar Rp 800 miliar per tahun.

Dia menegaskan, hal yang perlu digarisbawahi yakni PTBA dan Pertamina tidak mengeluarkan investasi yang digunakan untuk pembangunan perusahaan pengolahan ini. Menurutnya, semua investasi awal ditanggung oleh investor.

Seperti diketahui, proyek gasifikasi batu bara PTBA di Tanjung Enim, Sumatera Selatan ini telah ditetapkan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional yang diatur dalam Peraturan Presiden.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMieGh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIwMTIwNzE4MjkzOC0xNy0yMDc0NjUvc2V0ZWxhaC0yMDI1LXB0YmEtYmlzYS1wdW55YS1zYWhhbS00MC1kaS1wcm95ZWstZ2FzaWZpa2FzadIBAA?oc=5

2020-12-07 11:50:38Z
52782512936088

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Setelah 2025, PTBA Bisa Punya Saham 40% di Proyek Gasifikasi - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.