Search

Ini Gambaran Pasar Saham Sepekan ke Depan, Salam Cuan! - Investor.ID

JAKARTA, investor.id – Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) dalam sepekan ke depan diprediksi bervariasi cenderung naik. Level tertinggi (resistance) IHSG diperkirakan berada di 6.962, sedangkan terendah (support) 6.864.

Proyeksi itu seiring sejumlah sentimen, antara lain sikap The Fed yang hawkish, rilis data transaksi berjalan kuartal IV-2022 Indonesia yang diproyeksi surplus, serta rilis laporan keuangan emiten.

“IHSG harus menembus resistance 6.962 terlebih dahulu, sebelum tembus 7.000,” kata Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Muhammad Nafan Aji Gusta kepada Investor Daily, Minggu (19/2/2023).

Baca juga: Saham-Saham Ini dalam Tekanan Jual Asing, Nilainya Gede!

Advertisement

Nafan merekomendasikan pelaku pasar untuk mencermati sektor barang konsumen nonprimer (cyclicals), kesehatan, industri infrastruktur, teknologi, dan transportasi. Menurut dia, sektor industri dan infrastruktur patut dilirik, karena berhubungan dengan kinerja ekonomi Indonesia yang cenderung ekspansif. Dilihat dari data Purchasing Managers Index (PMI), Indonesia sudah 17 bulan berturut-turut masuk zona ekspansif.

“Dengan begitu, untuk sektor yang berkaitan dengan industri dan infrastruktur, pasti mendukung. Dapat sentimen positif,” tutur Nafan.

Baca juga: Cuan dari Saham di Awal Pekan? Ini yang Mesti Diperhatikan

Sedangkan sektor transportasi terkait dengan logistik. Bila industri ekspansi, otomatis konektivitas logistik makin intensif, sehingga sektor ini menarik untuk dicermati.

“Kalau cyclicals so far Alhamdulillah perekonomian kita masih resilient, sehingga bisa memberikan keuntungan terhadap sektor tersebut,” imbuhnya.

Khusus sektor teknologi, Nafan menilai bahwa untuk sementara ini fenomena Tech Winter yang berkaitan dengan kekhawatiran resesi sudah mulai mereda. Ia memberi catatan, investor dapat mencermati sinyal hawkish dalam kebijakan moneter the Fed yang ketat.

Baca juga: Deretan Saham Top Cuan, Kamu Kebagian?

Menurut dia, para pelaku pasar berekspektasi kuat tahun ini the Fed akan menjalankan less aggressive tightening monetary policy. “Kalau hasilnya kebijakan suku bunga tidak sesuai ekspektasi investor, ini akan meningkatkan risk appetite bagi para pelaku pasar untuk meningkatkan akumulasi. Sebab di AS saham tekno sangat besar, mestinya ada efek domino terhadap IDX techno di Tanah Air,” sambung Nafan.

Berdasarkan analisis teknikal, dia merekomendasikan saham ASII, KLBF, TLKM, dan UNTR. Saham-saham pilihan itu juga mempertimbangkan rajinnya emiten-emiten tersebut dalam membagikan dividen. Hal ini dinilai mampu meningkatkan kepercayaan investor.

Baca juga: Astra Agro (AALI) Bocorkan Potensi Bagi Dividen

Secara terpisah, pengamat pasar modal Wahyu Tri Laksono memperkirakan IHSG bergerak di level 6.850-7.150 dalam sepekan ke depan, dengan kecenderungan mencoba menembus level 7.000.

“Kalau dilihat paling rendahnya 6.850 sudah terjaga dalam sepekan terakhir. Semoga tidak tembus ke bawah 6.800 dan mencoba menembus level 7.000. Sentimen yang mendukung adalah laporan keuangan dan dividen setelah RUPS,” papar Wahyu.

Baca juga: TERPOPULER: Saham Kesayangan Lo Kheng Hong, Rekor Adaro (ADRO), dan GOTO

Dia merekomendasikan saham-saham penggerak IHSG untuk dikoleksi, antara lain BBRI, BBCA, BBNI, BMRI, ASII, dan TLKM. Sebagai tambahan, dia juga menjagokan saham berbasis minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan turunannya seperti LSIP, DSNG, dan TAPG.

Rapor kinerja emiten-emiten tersebut diyakini bagus pada 2022 karena harga CPO yang masih tinggi, sehingga berpotensi membagikan dividen besar. “Mereka biasanya royal bagi dividen, harga CPO tahun ini juga masih terjaga. Harga minyak goreng saja naik,” pungkasnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Berita Terkait

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiZGh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LWFuZC1jb3Jwb3JhdGUvMzIyMjU2L2luaS1nYW1iYXJhbi1wYXNhci1zYWhhbS1zZXBla2FuLWtlLWRlcGFuLXNhbGFtLWN1YW7SAQA?oc=5

2023-02-19 15:02:00Z
1783662278

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Gambaran Pasar Saham Sepekan ke Depan, Salam Cuan! - Investor.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.