Search

Kasus Bayar Rp 50 Juta Inden Jadi Lebih Cepat, Hyundai: Deal Pembeli-Penjual - detikOto

Jakarta -

Belum lama ini bassist band Seringai, Sammy Bramantyo mengungkapkan praktik upping harga Hyundai Ioniq 5. Praktik ini untuk mempercepat masa inden Ioniq 5.

Diketahui, antrean pemesanan Hyundai Ioniq 5 mengular. Bahkan, ada konsumen yang belum mendapatkan unitnya, meski sudah memesannya beberapa bulan lalu.

Sammy sendiri memesan Hyundai Ioniq 5 sejak 2022 lalu tapi unitnya belum juga dikirim. Dia mendapati praktik spekulan ketika sales menawarkan 'jalur cepat' dengan biaya tambahan Rp 50-75 juta. Sammy sampai membatalkan pemesanan Hyundai Ioniq 5 karena tahu ada praktik yang dianggap curang tersebut.

"Ketika tahu bahwa ada 'jalur cepat' dan yang inden secara normal bisa dilangkahi sama yang mau bayar lebih lah baru saya keberatan dan putuskan untuk cancel inden," ujarnya kepada detikcom melalui pesan Whatsapp.

Ditanya mengenai fenomena tersebut, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, tidak bisa berkomentar banyak.

"Kalau itu saya terus terang susah komen ya. Karena kalau misalkan sampai ada dari sales yg melakukan itu ya kita juga mesti ngecek dulu kondisi di lapangan seperti apa. Jadi saya juga agak susah mengomentari hal ini. Kita masih pengecekan dulu seperti apa prosesnya," kata Makmur saat ditemui di kesempatan buka puasa bersama awak media di The Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Menurut Makmur, biaya tambahan untuk mempercepat masa inden itu merupakan kesepakatan antara tenaga penjual dengan konsumen. Yang pasti, pihak HMID telah mengeluarkan harga retail rekomendasi.

"Itu kan kesepakatan antara pembeli dengan penjual ya. Jadi kalau menurut saya, saya terus terang juga tidak bisa berkomentar banyak. Tapi yang jelas kita mengeluarkan MSRP (manufacturer suggested retail price/harga retail yang direkomendasikan pabrikan). Sama kayak misalkan di market seperti apa kan nggak hanya di product ini. Jadi menurut saya itu tergantung dari kesepakatan masing-masing," ujar Makmur.

Simak Video "Jajal Hyundai IONIQ 5 untuk Overland dan Off-Road Ringan, Emang Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2JpbC9kLTY2Njg4Nzgva2FzdXMtYmF5YXItcnAtNTAtanV0YS1pbmRlbi1qYWRpLWxlYmloLWNlcGF0LWh5dW5kYWktZGVhbC1wZW1iZWxpLXBlbmp1YWzSAXRodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vbW9iaWwvZC02NjY4ODc4L2thc3VzLWJheWFyLXJwLTUwLWp1dGEtaW5kZW4tamFkaS1sZWJpaC1jZXBhdC1oeXVuZGFpLWRlYWwtcGVtYmVsaS1wZW5qdWFsL2FtcA?oc=5

2023-04-12 06:07:25Z
1916458111

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kasus Bayar Rp 50 Juta Inden Jadi Lebih Cepat, Hyundai: Deal Pembeli-Penjual - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.