Motor-motor Honda saat ini menjadi sorotan karena rangkanya yang dituding mudah karatan, keropos bahkan sampai patah. Warganet menuding rangka motor terbaru Honda, yaitu eSAF, lebih ringkih.
eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) merupakan rangka baru untuk motor-motor skuter matik (skutik) Honda. Rangka eSAF pertama kali digunakan di motor Honda Genio pada 2019. Saat itu, rangka eSAF diimplementasikan pertama kali di Indonesia berdasarkan penyesuaian pasar dan kebutuhan.
Hingga saat ini, sudah ada empat model motor Honda yang menggunakan rangka eSAF. Mereka adalah Honda Genio, Honda Beat, Honda Scoopy, hingga Honda Vario 160.
Pembuatan rangka eSAF berbeda dengan rangka motor jenis lainnya yang biasanya menggunakan pipa besi. Rangka eSAF menggunakan lembaran pelat baja yang kemudian di-press dan dilas. Berbeda dengan rangka motor lainnya yang menggunakan pipa yang dipotong.
Untuk penyatuan beberapa pelat baja yang di-press, pengelasannya juga berbeda. Proses penyatuannya menggunakan alat las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi.
Rangka eSAF pada motor Honda Genio. Foto: dok AHM |
Terdapat enam bagian sisi frame yang disatukan menjadi rangka eSAF. Pengelasan yang menggunakan laser wielding membuat hasilnya secara kualitas diklaim lebih baik, tidak mempengaruhi komposisi frame bodynya. Deformasi hampir tidak ada.
Material dan metode ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sebab, hasil rangka menjadi lebih ringan 4 kilogram jika dibandingkan dengan rangka lama.
AHM mengklaim rangka eSAF lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya. Hal ini membuat pengendaraan lebih nyaman dan mudah ketika bermanuver. Karena lebih ringan, konsumsi bahan bakar juga lebih irit. Meski lebih ringan, Honda menyebut eSAF memiliki daya tahan yang lebih baik karena menggunakan bahan baja.
Tanggapan AHM soal Rangka Motor Patah
Direktur Pemasaran PT AHM Octavianus Dwi Putro mengatakan keluhan soal rangka motor Honda yang keropos hingga patah harus dilihat kasus demi kasus. Soalnya, menurut Octa, tidak semua konsumen Honda mengeluhkan hal yang sama.
"Kita melihatnya mesti case by case ya. Itu case-nya dilaporkan saja, nanti kita akan dalamin lebih lanjut. Karena sejauh ini tidak ada keluhan yang berarti mengenai hal itu dari konsumen-konsumen yang lain. Jadi mungkin mesti dilihat case by case-nya," kata Octavianus.
Kata Octa, beberapa kasus perlu diinvestigasi lebih lanjut. Apakah kasus rangka patah tersebut terkait pemakaian, atau karena dekat pantai, perlu ditelusuri.
"Tergantung case-nya. Kalau case-nya kesalahan pemakaian, ya kita akan bantu next-nya jangan kejadian. Kemudian sparepart-nya kita akan bantu. Beberapa perlu ada investigasi lebih lanjut, kaitannya sama QC (pengecekan kualitas), kita akan tangani. Jadi tergantung kasusnya. Kalau misalkan mengenai frame patah sementara pas dilihat karena pemakaian, karena dekat pantai atau laut, nah itu banyak case-nya. Makanya saya nggak bisa ngomong, case by case saja," sebutnya.
Sebab, kata Octavianus, terkadang motor yang digunakan di daerah pesisir dihadapi risiko korosif lebih besar. Alhasil, ada kemungkinan besi-besinya akan keropos lebih cepat.
"Kadangkala begini, itu kan korosif. Sama kayak teman-teman yang tinggal di daerah pantai, lebih cepat korosif di sana," ujarnya.
Simak Video "Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Kepanjangan Nama Honda BeAT!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
https://news.google.com/rss/articles/CBMiUmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY4ODMwMjEvaW5pLW1vdG9yLW1vdG9yLWhvbmRhLXlhbmctcGFrYWktcmFuZ2thLWVzYWbSAVZodHRwczovL290by5kZXRpay5jb20vbW90b3IvZC02ODgzMDIxL2luaS1tb3Rvci1tb3Rvci1ob25kYS15YW5nLXBha2FpLXJhbmdrYS1lc2FmL2FtcA?oc=5
2023-08-18 07:09:04Z
2336529081
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Ini Motor-motor Honda yang Pakai Rangka eSAF - detikOto"
Post a Comment