Search

Kenapa Bisa Ada Noda Kuning di Rangka eSAF Skutik Honda? - detikOto

Jakarta -

Viral rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) skutik Honda dituding karatan meski dalam kondisi baru. Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen menegaskan jika itu bukan karat, melainkan lapisan silicate. Kenapa bisa ada lapisan menyerupai karat di rangka eSAF Honda?

Dijelaskan Technical Service Manager AHM Subhan, timbulnya lapisan silicate merupakan hasil dari proses pengelasan rangka eSAF. Silicate merupakan hasil reaksi silicon dan oksigen saat dilakukan proses welding atau pengelasan.

"Proses welding di frame eSAF yang ada di AHM saat ini itu menggunakan teknologi mig (metal inert gas), jadi melibatkan unsur kawat las ada inert gas yang melindungi saat proses CO2," bilang Subhan di Astra Honda Motor Safety Riding Park & Training Centre Cikarang, Bekasi, Rabu (23/8/2023).

"Lalu di dalam kawatnya ini ada unsur silicon dan unsur-unsur yang lain. Silicon ini berfungsi ketika proses welding, satu untuk meningkatkan fluidity, kemudahan mencair dan untuk membuat hasil pengelasan lebih sempurna," sambung Subhan.

Rangka eSAF motor skutik HondaRangka eSAF motor skutik Honda Foto: Agung Pambudhy/detikOto

"Terus unsur gasnya melindungi dari kontaminasi atmosfer atau oksigen. Dan di samping itu, silicon tadi berfungsi untuk mengikat oksigen yang ada di dalam pengelasan. Jika oksigen tetap di situ, biasanya terjadi korositas di hasil pengelasannya," bilangnya lagi.

Subhan menjelaskan lapisan silicate ini biasanya ada di titik pengelasan, seperti di area tengah atau pinggir. Warnanya memang kuning mirip karat, namun Subhan menjamin bahwa itu bukan karatan. Noda kuning ini akan semakin kelihatan saat rangka masuk proses painting atau pengecatan.

"Jadi ketika proses itu selesai dilakukan itu akan timbul seperti silicate. Bentuknya mengkilap, kayak kaca, glossy, glassy. Berada di area tengah atau di sisi pinggir dari hasil pengelasan," sambungnya.

"Selanjutnya adalah proses painting (pengecatan). Karena ada proses transfer ion, maka catnya itu, partikelnya akan menempel di frame. Tetapi karena ada silicate tadi, ada sifat semacam tidak dapat menghantarkan listrik. Karena dia tidak dapat menghantarkan listrik, sementara proses pengecatan menggunakan electrolysis, jadinya nggak bisa nempel pigmennya di lapisan silicate tadi," jelasnya.

"Silicate itu juga mencegah oksidasi. Dan sebenarnya itu bukan rangka frame yang terbuka, melainkan ada lapisan silicate-nya. Bentuknya bening kayak kaca, dan warnanya seperti karat. Tapi dia adalah silicate (bukan karat)," sambungnya.

AHM menjamin timbulanya lapisan silicate tersebut adalah hal normal dan tidak berbahaya. "Lapisan silicate punya fungsi melapisi hasil pengelasan dan juga bisa mencegah oksidasi. Ini suatu hal normal dan tak berbahaya. Para pemilik motor Honda tidak perlu khawatir karena bukan karat dan tidak berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan, untuk sepeda motor baru," kata General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin.

Simak Video "Cuma Butuh 11 Hari, Honda Berhasil Jual Lebih dari 1.000 Motor "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiXWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY4OTQ1MTQva2VuYXBhLWJpc2EtYWRhLW5vZGEta3VuaW5nLWRpLXJhbmdrYS1lc2FmLXNrdXRpay1ob25kYdIBYWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY4OTQ1MTQva2VuYXBhLWJpc2EtYWRhLW5vZGEta3VuaW5nLWRpLXJhbmdrYS1lc2FmLXNrdXRpay1ob25kYS9hbXA?oc=5

2023-08-24 23:31:23Z
2336529081

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenapa Bisa Ada Noda Kuning di Rangka eSAF Skutik Honda? - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.