Search

Gawat, Pencipta ChatGPT Disebut Bikin AI yang Bahayakan Manusia - detikInet

Jakarta -

Apakah perusahaan OpenAI pembuat ChatGPT telah berhasil membuat kecerdasan buatan baru yang mengerikan? Hal itu menjadi pembahasan setelah ada kabar bahwa sebelum CEO OpenAI Sam Altman dipecat, beberapa staf peneliti menulis surat ke dewan direksi, memperingatkan penemuan AI kuat yang menurut mereka dapat mengancam umat manusia.

Hal itu didapatkan Reuters dari dua sumber terkait yang mengetahui permasalahan itu. Sumber itu menilai surat bersangkutan menjadi salah satu alasan dewan OpenAI memutuskan memecat Altman.

Altman sudah kembali menjadi CEO OpenAI, setelah lebih dari 700 karyawan telah mengancam untuk berhenti dan bergabung dengan Microsoft sebagai solidaritas dengan pemimpin mereka yang dipecat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kecerdasan buatan baru itu dilaporkan belum dimengerti sepenuhnya bagaimana konsekuensinya jika dikomersialkan. OpenAI membenarkan keberadaan proyek tersebut yang diberi nama Q.

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, beberapa orang di OpenAI metakini Q bisa menjadi terobosan penting dalam upaya mereka menciptakan artificial general intelligence atau AGI, yaitu sistem otonom yang melampaui kecerdasan manusia.

Menurut sang sumber, dengan dibekali jaringan komputer besar, model AI baru ini bisa menyelesaikan masalah matematika. Walaupun soal matematika itu belum begitu rumit, peneliti OpenAI sangat optimis sistem ini akan semakin canggih.

Para peneliti menganggap matematika sebagai terobosan pengembangan AI generatif. Saat ini, AI generatif sudah lancar menulis dan menjawab pertanyaan dalam beberapa variasi.

Namun dengan menguasai matematika, di mana hanya ada satu jawaban yang benar, berarti AI akan memiliki kemampuan penalaran lebih besar seperti kecerdasan manusia.

Berbeda dengan kalkulator yang dapat menyelesaikan sejumlah operasi terbatas, AGI dapat menggeneralisasi, mempelajari, dan memahami permasalahan matematika.

Dalam surat mereka kepada dewan, para peneliti mengulas kehebatan dan potensi bahaya AI semacam itu. Memang telah lama ada diskusi di kalangan ilmuwan komputer tentang bahaya mesin yang sangat cerdas, misalnya jika mereka memutuskan kehancuran umat manusia adalah demi kepentingan mereka.

Altman sendiri memimpin upaya untuk menjadikan ChatGPT salah satu aplikasi perangkat lunak dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah dan menarik investasi dan sumber daya komputasi yang diperlukan dari Microsoft. Ini dalam rangka agar OpenAI bisa lebih cepat menciptakan AGI.

Altman pekan lalu menyampaikan pesan pada pertemuan puncak para pemimpin dunia di San Francisco bahwa ia yakin kemajuan besar AI sudah di depan mata.

"Kita semacam membuka tabir ketidaktahuan dan memajukan batas penemuan, dan melakukan hal ini merupakan kehormatan profesional seumur hidup," katanya pada KTT APEC. Sehari kemudian, dewan memecat Altman sebelum merekrutnya lagi.

Simak Video "Sam Altman Ungkap Kecintaannya dengan OpenAI"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiaWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vY3liZXJsaWZlL2QtNzA1NDMyNS9nYXdhdC1wZW5jaXB0YS1jaGF0Z3B0LWRpc2VidXQtYmlraW4tYWkteWFuZy1iYWhheWFrYW4tbWFudXNpYdIBbWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vY3liZXJsaWZlL2QtNzA1NDMyNS9nYXdhdC1wZW5jaXB0YS1jaGF0Z3B0LWRpc2VidXQtYmlraW4tYWkteWFuZy1iYWhheWFrYW4tbWFudXNpYS9hbXA?oc=5

2023-11-24 07:30:56Z
2621870088

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gawat, Pencipta ChatGPT Disebut Bikin AI yang Bahayakan Manusia - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.