Search

Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya RI, Sahamnya Kemahalan? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Taipan Prajogo Pangestu sukses menjadi orang terkaya di Indonesia versi Forbes seiring harga saham emiten miliknya terbang tinggi. Namun, valuasi emiten-emiten tersebut terbilang mahal (overvalued).

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), tercatat sebanyak empat emiten yang dikendalikan Prajogo, yakni holding energi PT Barito Pacific Tbk (BRPT), perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), emiten geotermal, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), dan emiten batu bara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).

Keempat saham tersebut berhasil melonjak selama 2023, ditopang sejumlah sentimen, termasuk prospek bisnis perusahaan (geotermal, misalnya).

BRPT melejit 52,98% sejak awal tahun hingga sesi I perdagangan Senin (13/11/2023) alias year to date (YtD). Saham BREN meroket 579,49% sejak melantai (listing) pada 9 Oktober lalu.

Sementara, saham CUAN, yang merupakan saham tercuan tahun ini, meroket to the moon hingga 3.081,92%.

Sebelumnya, sahamBREN dan CUAN sempat disuspensi oleh BEI pada Jumat pekan lalu. Namun, suspensi saham BREN sudah dibuka per sesi I Senin (13/11), sedangkan CUAN masih digembok.

Saham TPIA juga ikut melesat selama tahun ini, yakni 14,40% YtD.

Hal yang menyatukan saham-saham Prajogo di atas adalah valuasinya yang kemahalan.

BREN, misalnya, diperdagangkan 439,85 kali di atas laba perusahaan. Ini mengacu pada rasio price-to earnings (P/E) atau PER. Lazimnya, PER 10-15 kali dianggap wajar, sedangkan di bawah itu dianggap murah dan di atas patokan tersebut mahal.

Setali tiga uang, BRPT juga memiliki PER yang tinggi, yakni 145,87 kali dan CUAN 232,33 kali.

Untuk TPIA, perusahaan ini malah membukukan rugi hingga kuartal III-2023, dengan rugi per saham Rp5,10 yang mengimpliksikan PER minus 576,45 kali.

Rasio P/E yang tinggi tersebut mengindikasikan investor bertaruh besar-besaran terhadap prospek emiten Prajogo ke depan.

Yang jelas, PER yang kemahalan tersebut akan sulit dipertahankan apabila perusahaan tidak mampu mengejar pertumbuhan super tinggi ke depan. Atau malah, harga saham perusahaan-perusahaan tersebut akan kembali ke valuasi wajar terlebih dahulu usai euforia akhir-akhir ini.

Prajogo saat ini resmi menjadi orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Bahkan, posisi Prajogo menggeser posisi Low Tuck Kwong selaku konglomerat pemilik emiten batu bara PT Bayan Resources Tbk (BYAN), hingga Robert Budi Hartono dan Michael Hartono (Duo Hartono), pemilik Grup Djarum dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Berdasarkan laporan Forbes Real Time Billionaires, kekayaan Prajogo mencapai US$ 37,4 miliar. Menyalip Low Tuck Kwong yang memiliki harta mencapai US$ 26,5 miliar. Hal Prajogo berada di peringkat 1 daftar orang kaya di RI sekaligus orang paling kaya ke-32 di dunia.

Kekayaan Prajogo mengalami peningkatan yang sangat besar usai sejumlah perusahaannya melantai di bursa saham Indonesia, terutama CUAN dan BREN.

Prajogo Pangestu bisa dianggap sebagai salah satu taipan yang meniti karir dari bawah. Putra seorang pedagang karet ini, hanya bisa mengenyam pendidikan tingkat menengah pertama karena keterbatasan ekonomi keluarganya.

Di lain sisi, perusahaannya yakni Barito Pacific Timber telah melakukan go public atau IPO pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya pada 2007.

Pada 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70% dari perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga diperdagangkan di BEI. Pada 2011 Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Thaioil mengakuisisi 15% saham Chandra Asri pada Juli 2021.

Pada 2023, seperti disinggung di atas, Prajogo membawa dua perusahaannya, yakni CUAN dan BREN kembali melantai di bursa RI.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

3 Sumber Kekayaan Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya Ke-4 RI


(fsd/fsd)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMid2h0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIzMTExMzEyNTcyNy0xNy00ODg1NzQvcHJham9nby1wYW5nZXN0dS1qYWRpLW9yYW5nLXRlcmtheWEtcmktc2FoYW1ueWEta2VtYWhhbGFu0gEA?oc=5

2023-11-13 07:35:20Z
2607807847

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya RI, Sahamnya Kemahalan? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.