Search

Vale Teken Perjanjian Divestasi ke MIND ID, Disaksikan Jokowi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan CEO Vale Base Metal Dashnee Naido di hotel Four Season, San Francisco, Amerika Serikat, Jumat (17/11/2023) waktu setempat. Dalam pertemuan itu dilakukan penandatangan perjanjian pendahuluan divestasi.

Jokowi menyaksikan penandatanganan perjanjian induk antara MIND ID dengan Vale Canada dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd mengenai divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk.

Ia menyambut baik peningkatan saham MIND ID pada PT Vale Indonesia Tbk sebesar 14%.

"Divestasi ini akan menjadikan MIND ID sebagai pemegang saham terbesar Vale, sehingga MIND ID dan Vale Canada bisa melakukan kontrol bersama atas Vale," kata Jokowi dalam keterangan, Sabtu (18/11/2023).

Dalam perjanjian itu, Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd akan mendivestasikan kepemilikan sahamnya di PT Vale Indonesia Tbk kepada MIND ID. Sehingga Mind ID akan menjadi pemegang saham terbesar perseroan.

Jokowi pun mengapresiasi dukungan Vale terhadap upaya hilirisasi yang lebih maju di Indonesia. Ia menyebutkan di antaranya adalah termasuk melalui kerja sama dengan Ford dan Zhejiang Huayou untuk pembangunan smelter dan refinery bahan baterai kendaraan listrik di Blok Pomalaa, Sulawesi Tenggara.

"Indonesia juga menghargai komitmen Vale untuk bermitra dengan Indonesia dan keberpihakan Vale dalam mendorong agar Indonesia dapat ikut menikmati insentif IRA dari Amerika Serikat," lanjutnya.

Kepala Negara juga berharap agar dukungan Vale terhadap upaya transisi energi bersih di Indonesia yang menjunjung aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola atau Environmental, Social, and Governance (ESG) bisa semakin kuat.

Melansir keterangan PT Vale Indonesia Tbk, pengaturan lebih rinci terkait mekanisme transaksi akan difinalisasi dalam perjanjian definitif dan transaksi diharapkan selesai pada 2024. Hal ini bergantung pada kondisi penutupan yang lazim.

CEO PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy mengatakan perjanjian ini membuat langkah yang lebih maju terhadap penuntasan kewajiban divestasi, yang merupakan prasyarat mendapatkan perpanjangan izin dalam bentuk Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Penerbitan IUPK akan memberikan kepastian hukum bagi operasi kami, terutama agenda investasi besar kami," kata Febriany.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ambil Divestasi Vale, BUMN Incar Jadi Pengendali Keuangan!


(luc/luc)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMid2h0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL25ld3MvMjAyMzExMTgxMjIyNTItNC00OTAwNzQvdmFsZS10ZWtlbi1wZXJqYW5qaWFuLWRpdmVzdGFzaS1rZS1taW5kLWlkLWRpc2Frc2lrYW4tam9rb3dp0gF7aHR0cHM6Ly93d3cuY25iY2luZG9uZXNpYS5jb20vbmV3cy8yMDIzMTExODEyMjI1Mi00LTQ5MDA3NC92YWxlLXRla2VuLXBlcmphbmppYW4tZGl2ZXN0YXNpLWtlLW1pbmQtaWQtZGlzYWtzaWthbi1qb2tvd2kvYW1w?oc=5

2023-11-18 06:00:00Z
2622385143

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Vale Teken Perjanjian Divestasi ke MIND ID, Disaksikan Jokowi - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.