Search

Rupiah Keok Ditekan Dolar AS, Erick Thohir Wanti-wanti Ini ke BUMN - detikFinance

Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan peringatan kepada setiap perusahaan pelat merah di tengah kondisi penguatan dolar AS terhadap rupiah hingga berada di level Rp 16.200.

Erick mengatakan, dirinya telah memberikan arahan kepada jajaran BUMN untuk mengoptimalkan pembelian dolar AS. Ia juga meminta agar BUMN melakukan perhitungan detail atas risiko secara finansial.

"Kemarin saya warning untuk setiap perusahaan. Benar harus punya test stress dengan mengoptimalkan berbagai kesempatan," kata Erick dalam halalbihalal bersama media di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Memburuknya situasi geopolitik dunia imbas konflik Iran-Israel ini dikhawatirkan akan mendatangkan dampak negatif dan membebani BUMN. Hal ini terutama bagi yang bergantung pada bahan baku impor serta yang punya porsi utang luar negeri besar dalam dolar AS seperti MIND ID, PLN, Pertamina, hingga BUMN farmasi.

Meski begitu, menurut Erick secara rinci langkah perusahaan-perusahaan pelat merah ini akan menyesuaikan dengan manajemen masing-masing. Pasalnya, perusahaan punya pendekatan berbeda terkait penggunaan dolar AS ini. Hal ini tergantung atas situasi belanja modal hingga utang luar negerinya.

ADVERTISEMENT

"Antara (BUMN) Farmasi, MIND ID, Garuda Indonesia, punya konteks berbeda. Tergantung situasi capex, opex, utang, income rupiah atau income dolar. Itu komplikasinya banyak," terang dia.

Oleh karena itu, sebagai menteri, Erick mengaku tidak memberikan arahan berupa kebijakan mutlak kepada perusahaan-perusahaan terkait. Satu hal yang menurutnya wajib untuk dilakukan ialah dilakukannya stress test oleh setiap perusahaan.

"Kalau di perbankan itu hal maklum, tapi tidak semua BUMN punya business risk lho. Baru zaman kita sekarang semua BUMN punya direktur business risk, dulu nggak ada. (BUMN) karya-karya, semua dulu lebih fokus ke project tapi tidak didampingi bisnis risiko dan cash flow," ujarnya.

Erick telah menaikkan target kinerja BUMN untuk enam bulan ke depan, misalnya saja dari sisi dividen naik dari sebelumnya Rp 81 triliun menjadi Rp 85 triliun. Dirinya mewanti-wanti BUMN untuk waspada dari sekarang.

"Nah kalau nggak warning dari bulan Maret-April ini, takutnya kita terlena karena performa kita bagus. Nah kalau dividen tahun depan nggak tercapai, inilah yang saya warning, karena kan naik suku bunga, ini itu. Percayalah kita inikan bukan transaksi yang konsumtif, tapi memang untuk modal kerja dan lain-lain," pungkasnya.

(shc/ara)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMidWh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNzMwMTg1NS9ydXBpYWgta2Vvay1kaXRla2FuLWRvbGFyLWFzLWVyaWNrLXRob2hpci13YW50aS13YW50aS1pbmkta2UtYnVtbtIBeWh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNzMwMTg1NS9ydXBpYWgta2Vvay1kaXRla2FuLWRvbGFyLWFzLWVyaWNrLXRob2hpci13YW50aS13YW50aS1pbmkta2UtYnVtbi9hbXA?oc=5

2024-04-20 14:45:27Z
CBMidWh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNzMwMTg1NS9ydXBpYWgta2Vvay1kaXRla2FuLWRvbGFyLWFzLWVyaWNrLXRob2hpci13YW50aS13YW50aS1pbmkta2UtYnVtbtIBeWh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNzMwMTg1NS9ydXBpYWgta2Vvay1kaXRla2FuLWRvbGFyLWFzLWVyaWNrLXRob2hpci13YW50aS13YW50aS1pbmkta2UtYnVtbi9hbXA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Keok Ditekan Dolar AS, Erick Thohir Wanti-wanti Ini ke BUMN - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.