Search

Sri Mulyani Angkat Bicara soal Dolar AS Tembus Rp 16.200 - detikFinance

Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara mengenai menguatnya dolar AS terhadap rupiah hingga ke level Rp 16.200. Menurutnya, situasi saat ini tidak lepas dari pengaruh perekonomian global.

"Saya sampaikan bahwa situasi global yang berkembang saat ini pasti akan berdampak pada perekonomian Indonesia," kata dia dalam unggahannya di Instagram, dikutip Sabtu (20/4/2024).

Menurut Sri Mulyani, saat dolar AS menguat sebenarnya dapat lebih menguntungkan dari sisi ekspor. Namun, memang untuk impor akan berpengaruh pada harga di dalam negeri sehingga bisa berdampak terhadap inflasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di sisi ekspor, penerimaan akan jauh lebih baik dengan nilai tukar dolar yang menguat. Namun, di sisi impor, konversi harga dolar terhadap rupiah akan lebih tinggi dan bisa berdampak pada inflasi di Indonesia," ucapnya.

Meski demikian, dia meyakini pemerintah terus mengantisipasi dan waspada terhadap perkembangan ini. "Saya yakin Indonesia akan tetap resilien dalam situasi ini," lanjutnya.

ADVERTISEMENT

Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk beradaptasi dengan tekanan yang ada. "Dari sisi fiskal, kita memastikan APBN berperan menjadi shock absorber yang efektif dan kredibel," jelasnya.

Sri Mulyani juga masih yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap baik. Hal ini diyakini karena seperti saat melewati krisis pandemi lalu, ekonomi Indonesia mampu tetap bertumbuh.

"Di tengah kondisi suku bunga dan inflasi global yang tinggi seperti saat ini, saya yakin ekonomi Indonesia akan tetap terjaga sesuai target, didukung oleh sisi ekspor yang kuat dan neraca perdagangan yang surplus," pungkasnya.

[Gambas:Instagram]

(ada/ara)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMibGh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNzMwMTU0OC9zcmktbXVseWFuaS1hbmdrYXQtYmljYXJhLXNvYWwtZG9sYXItYXMtdGVtYnVzLXJwLTE2LTIwMNIBAA?oc=5

2024-04-20 05:13:46Z
CBMibGh0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vYnVyc2EtZGFuLXZhbGFzL2QtNzMwMTU0OC9zcmktbXVseWFuaS1hbmdrYXQtYmljYXJhLXNvYWwtZG9sYXItYXMtdGVtYnVzLXJwLTE2LTIwMNIBAA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani Angkat Bicara soal Dolar AS Tembus Rp 16.200 - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.