Search

Jokowi Akan Resmikan Balai Uji Ponsel 5G Cs Terbesar di Asia Tenggara - detikInet

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan meresmikan secara langsung Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Balai uji ponsel 4G dan 5G Cs ini lokasinya ada di Tapos, Depok, Jawa Barat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi telah melakukan peninjauan fasilitas tersebut pada Kamis (2/5/2045).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di Tapos, Depok, Jawa Barat.Menkominfo Budi Arie Setiadi meninjau Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di Tapos, Depok, Jawa Barat. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

"Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi atau bahasa Inggrisnya, Indonesia Digital Test House (IDTH) terbesar di Asia Tenggara ini sedang diatur waktunya supaya nanti diresmikan oleh Pak Presiden dalam waktu yang tidak terlalu lama," ujar Budi di Tapos, Depok, Jawa Barat.

BBPPT dibangun di atas lahan seluas 22.723 meter persegi dengan luas bangunan 11.953 meter persegi. Fasilitas ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang dioperasikan para profesional di bidang pengujian dan kalibrasi menggunakan metode dan standar internasional.

ADVERTISEMENT

BBPPT akan berperan sebagai laboratorium pengujian yang tidak hanya bertanggungjawab untuk memastikan alat dan perangkat telekomunikasi tersebut telah memenuhi standar keamanan dan kualitas tinggi, tetapi juga memastikan keselarasan yang diperlukan dalam membangun ekosistem digital yang kuat dan berkelanjutan.

Adapun, perangkat telekomunikasi yang dipasarkan di Indonesia harus memenuhi dan lolos pengujian di BBPPT ini terlebih dahulu, salah satunya ponsel 4G dan 5G.

Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di Tapos, Depok, Jawa Barat.Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di Tapos, Depok, Jawa Barat. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

"Perkembangan ekosistem digital itu memerlukan perangkat, dan perangkat itu harus aman untuk masyarakat dari faktor radiasi hingga gangguan-gangguan lain. Jadi, lab ini penting bagi ekosistem digital nasional," ungkap Budi.

Sebagai bagian integral dalam pengembangan ekosistem digital, BBPPT mengembang tiga peran strategis. Pertama, protect, yaitu melakukan perlindungan atau menjaga kesehatan dan keselamatan manusia dari ketidaksesuaian emisi perangkat yang berpotensi mengganggu.

Kedua, gate, gerbang arus keluar masuk produk-produk elektronik ekspor maupun impor, termasuk membantu industri dalam negeri untuk dapat masuk ke dalam pasar global.

Ketiga, spectrum management, yaitu menjadi bagian dari satu kesatuan manajemen spektrum frekuensi nasional yang menjamin interoperabilitas dan perlindungan dari interferensi antar pengguna perangkat untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Pembangunan BBPPT ini dilakukan melalui oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen) Kementerian Kominfo. Proyek balai uji perangkat telekomunikasi ini menelan lebih dari Rp 1 triliun.

Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di Tapos, Depok, Jawa Barat.Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di Tapos, Depok, Jawa Barat. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Simak Video "Menkominfo Budi Arie Bertemu Tony Blair, Bahas Starlink hingga AI"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMidWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vbGF3LWFuZC1wb2xpY3kvZC03MzIxMzY2L2pva293aS1ha2FuLXJlc21pa2FuLWJhbGFpLXVqaS1wb25zZWwtNWctY3MtdGVyYmVzYXItZGktYXNpYS10ZW5nZ2FyYdIBeWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vbGF3LWFuZC1wb2xpY3kvZC03MzIxMzY2L2pva293aS1ha2FuLXJlc21pa2FuLWJhbGFpLXVqaS1wb25zZWwtNWctY3MtdGVyYmVzYXItZGktYXNpYS10ZW5nZ2FyYS9hbXA?oc=5

2024-05-02 09:00:53Z
CBMidWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vbGF3LWFuZC1wb2xpY3kvZC03MzIxMzY2L2pva293aS1ha2FuLXJlc21pa2FuLWJhbGFpLXVqaS1wb25zZWwtNWctY3MtdGVyYmVzYXItZGktYXNpYS10ZW5nZ2FyYdIBeWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vbGF3LWFuZC1wb2xpY3kvZC03MzIxMzY2L2pva293aS1ha2FuLXJlc21pa2FuLWJhbGFpLXVqaS1wb25zZWwtNWctY3MtdGVyYmVzYXItZGktYXNpYS10ZW5nZ2FyYS9hbXA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Akan Resmikan Balai Uji Ponsel 5G Cs Terbesar di Asia Tenggara - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.