Search

Gunakan Nama Genio yang Pernah Dipakai di Mobil, Honda Sebut Alasannya - Jawa Pos

JawaPos.com – Astra Honda Motor (AHM) resmi mengenalkan “pemain” baru motor skuter matik (skutik) pada kelas 110 cc. Jagoan baru AHM adalah Honda Genio, nama yang pernah dipakai pada mobil Honda yang populer di era 1990-an yakni Honda Civic Genio.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyampaikan, kesamaan nama motor skutik Honda Genio dengan nama mobil Honda Civic Genio yang rilis sekitar 1992 hingga 1995 silam tak lepas dari kesamaan segmen yang dituju.

“Motor skutik Honda Genio juga mirip dengan mobil Honda Civic Genio yang dulu. Keduanya sama-sama menargetkan segmen anak muda. Kalau Civic Genio anak muda pada masanya,” ungkapnya pada peluncuran motor skutik Honda Genio di Jakarta, Jumat (21/6).

Lebih lanjut dirinya memaparkan, skutik Honda Genio penamaannya diambil dari DNA genius dan genuine. “Genius sama dengan smart atau pintar, sementara genuine berarti autentik atau asli. Kedua hal tersebut sangat mewakili segmen kami, anak muda masa kini yang menginginkan sesuatu yang beda dan bisa menjadi identitas mereka,” imbuhnya.

Bicara target, skutik Honda Genio yang secara harga berada di bawah Honda Scoopy, yakin akan banyak diminati. Honda Genio sendiri memiliki target penjualan sebanyak 500 ribu unit per tahun.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Honda Genio hadir dengan mesin 110 cc. Sebagai varian baru, Honda mengklaim bahwa Honda Genio turut pula dibekali kerangka baru, mesin baru, dan sejumlah fitur baru yang diklaim akan memanjakan konsumen di kelasnya.

Motor skutik Honda Genio terbaru varian warna hitam. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Honda Genio menggendong mesin baru, generasi termutakhir mesin eSP (enhanced Smart Power) 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW di 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm di 5.500 rpm.

Dengan bekal mesin demikian, Honda menyebut skutik Genio ini sanggup membuat Honda Genio lebih responsif saat berakselerasi. Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/ jam.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metode ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter dengan catatan fitur Idling Stop System (ISS) dalam keadaan on sehingga mampu menempuh jarak hinga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin generasi terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Kendati merupakan skutik medium dengan bodi yang tak seberapa besar, Genio memiliki kapasitas bagasi 14 L dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L. Di dalam bagasi juga tersedia fitur power outlet yang bisa dimanfaatkan untuk pengecasan perangkat smartphone atau gagdet lainnya.

Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe yakni CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna yang stylish serta kasual sesuai dengan tren generasi muda saat ini. Tipe CBS yang dipasarkan Rp 17,2 juta (on the road Jakarta) ini tersedia dalam lima warna, yakni smart white blue, smart red, smart black, smart black red, dan smart silver.

Sementara itu, tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 17,7 juta (on the road Jakarta), mendapat enam pilihan warna, yakni trendy black red, trendy white blue, trendy white red, trendy white, trendy black, dan fabulous matte black sebagai varian spesial.

Let's block ads! (Why?)


https://www.jawapos.com/otomotif/21/06/2019/gunakan-nama-genio-yang-pernah-dipakai-di-mobil-honda-sebut-alasannya/

2019-06-21 07:28:15Z
52781671177835

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gunakan Nama Genio yang Pernah Dipakai di Mobil, Honda Sebut Alasannya - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.