Search

Panel Pakar AS Dukung Vaksin Pfizer Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Panel penasihat luar untuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) pada Kamis (10/12/2020) mendukung penggunaan darurat vaksin virus corona Pfizer.

FDA diharapkan mampu mengesahkan vaksin yang dikembangkan dengan mitra Jerman, BioNTech SE untuk penggunaan darurat di AS dalam beberapa hari.

Melansir France 24, Jumat (11/12/2020) panel memilih vaksin tersebut karena menilai manfaat yang diketahui lebih besar daripada risikonya bagi individu yang berusia 16 tahun ke atas.

Penyuntikan vaksin dapat dimulai dalam beberapa hari, tergantung pada seberapa cepat pihak FDA menyetujui.

Baca juga: Pemberian Dosis Kedua Vaksin Covid-19 Harus Tepat Waktu, Kenapa?

Pfizer meminta agar vaksin corona 2 dosis disetujui untuk disuntikkan pada individu yang berusia antara 16-85 tahun meski panel tersebut membahas apakah perlu anak usia 16 dan 17 diperlakukan serupa karena risiko terhadap individu tersebut terbilang rendah.

Pada akhirnya anak usia 16 dan 17 tahun pun akan diberi dosis serupa. FDA biasanya akan mengikuti saran dari panel ahli namun tidak terikat dalam implementasinya.

Adanya laporan reaksi alergi serius pada penerima vaksin Pfizer di Inggris juga memunculkan keprihatinan dan diskusi. 

Baca juga: China Beri Bantuan Vaksin Covid-19 tapi dengan Imbalan, Apakah Itu?

Karena peristiwa itu, Pfizer berencana memberikan sukarelawan yang menerima plasebo dalam ujii cobanya, sebuah pilihan untuk mendapatkan vaksin ketika memenuhi syarat di bawah rekomendasi yang ditetapkan oleh pejabat kesehatan negara bagian dan lokal.

Pada dokumen yang disiapkan FDA sebelumnya, tidak menunjukkan adanya masalah keamanan, membuat AS optimistis mengikuti otorisasi Inggris dan Kanada.

Pihak regulator kesehatan Inggris pada Rabu kemarin menyarankan beberapa orang dengan riwayat anafilaksis, reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh yang terkait dengan obat atau makanan, untuk menghindari penyuntikan vaksin corona.

Baca juga: Vaksin Pfizer Kemungkinan Akan Diberi Peringatan Alergi oleh AS

Komisari FDA Steven Hahn jelang pertemuan pada Kamis kemarin mengatakan bahwa badan pengawas itu telah meninjau secara cermat semua data tentang vaksin Pfizer termasuk kemungkinan reaksi alergi setelah peringatan Inggris.

Label vaksin akan mencakup informasi detail tentang siapa saja yang direkomendasikan dan tidak direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin tersebut, jika disahkan.

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiZGh0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy5jb20vZ2xvYmFsL3JlYWQvMjAyMC8xMi8xMS8wNjU3NDMyNzAvcGFuZWwtcGFrYXItYXMtZHVrdW5nLXZha3Npbi1wZml6ZXItY292aWQtMTnSAWRodHRwczovL2FtcC5rb21wYXMuY29tL2dsb2JhbC9yZWFkLzIwMjAvMTIvMTEvMDY1NzQzMjcwL3BhbmVsLXBha2FyLWFzLWR1a3VuZy12YWtzaW4tcGZpemVyLWNvdmlkLTE5?oc=5

2020-12-10 23:57:00Z
52782518693978

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Panel Pakar AS Dukung Vaksin Pfizer Covid-19 - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.