Search

Silicon Valley Bank Kolaps, Aftech Beberkan Dampaknya ke Industri Fintech - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal II Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech), Firlie Ganinduto, membeberkan dampak kolapsnya Silicon Valley Bank terhadap industri fintech di Tanah Air.

"Silicon Valley Bank itu rata-rata nasabahnya itu adalah venture capital yang mana kita tahu ini adalah pendana utama para startup," kata dia dalam acara 'Media Luncheon AdaKami' di Jakarta, Selasa 21 Maret 2023.

Ditambah dengan kondisi geopolitik global yakni perang Rusia Ukraina yang masih terjadi, menurut Firlie, hal-hal tersebut mendorong harga komoditas melambung yang pada gilirannya bakal berdampak ke Indonesia. 

"Dari sisi perbankan pasti akan mengetatkan proses operasional sesuai dengan sisi prudential. Itu pasti," ujar Firlie.

Lebih lanjut, dia mengatakan pemerintah juga mungkin akan wait and see situasi apa yang akan terjadi, seperti naiknya inflasi dan sebagainya. "Beberapa asumsi juga sudah terkoreksi, angka inflasi juga terkoreksi," tutur Firlie.

Oleh karena itu, ia menilai, pengambilan arah kebijakan dalam situasi dan kondisi seperti ini menjadi penting. Di sisi lain, Firlie mengungkap bahwa selama krisis besar di Indonesia, Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah atau UMKM sangat membantu pergerakan ekonomi.

Selanjutnya: "Nah, UMKM ini harus tetap didorong untuk ..."

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMibWh0dHBzOi8vYmlzbmlzLnRlbXBvLmNvL3JlYWQvMTcwNTMyMi9zaWxpY29uLXZhbGxleS1iYW5rLWtvbGFwcy1hZnRlY2gtYmViZXJrYW4tZGFtcGFrbnlhLWtlLWluZHVzdHJpLWZpbnRlY2jSAQA?oc=5

2023-03-21 07:05:00Z
1831079445

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Silicon Valley Bank Kolaps, Aftech Beberkan Dampaknya ke Industri Fintech - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.