Search

IHSG Tertekan Pelemahan Rupiah, Cuan Lima Saham Justru Bakal Melejit - Investor.ID

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah terbatas pada Kamis (20/6/2024). IHSG hari ini diperkirakan bergerak dengan support dan resistance di level 6.700 – 6.800. Perusahaan efek itu merekomendasikan lima saham justru bakal melejit, salah satunya BRIS.

“Potensi penguatan masih terlihat, namun akan tipis,” tulis Pilarmas dalam risetnya, Kamis (20/6/2024).

Pada perdagangan Rabu (19/6/2024), IHSG ditutup melemah 7,91 poin (0,12%) ke level 6.726. Sebagian besar sektor saham melemah dan pelemahan terdalam terjadi pada sektor barang konsumsi non primer sebesar 1,94%. 

Advertisement

Pilarmas menjelaskan, saat ini, nilai rupiah terhadap dolar adalah Rp 16.388 per dolar AS. Pelemahan Rupiah ini tentu berdampak pada defisit APBN dimana nilai dolar pada APBN hanya sebesar Rp 15.000 per dolar AS. Artinya selisihnya nanti menjadi defisit anggaran APBN sehingga tentu akan semakin memberi beban untuk kelanjutan proyek strategis nasional.  

“Pelemahan Rupiah ini semakin membuat para investor asing cukup senang namun kami menilai pada pasar modal, para investor asing masih melakukan wait and see terkait dengan adanya kebijakan baru,” papar Pilarmas.

Menurut Pilarmas, para investor asing saat ini lebih memilih berinvestasi di valas dengan mata uang dolarnya. Sebetulnya beberapa upaya telah dilakukan Bank Indonesia, seperti menaikkan suku bunga, akan tetapi hal ini dinilai tidak efektif sebab pelemahan Rupiah malah terus terjadi.

“Hal ini disebabkan adanya demand terhadap dolar yang terus meningkat bahkan di berbagai belahan dunia manapun, sehingga pelemahan nilai tukar mata uang lainnya memang tak bisa dihindari,” jelas Pilarmas.

Kondisi saat ini, lanjut Pilarmas, membuat pemerintah perlu menentukan proyek atau kebijakan mana yang perlu laksanakan agar stabilitas perekonomian tetap terjaga. Selain itu perhatikan juga, beberapa perusahaan yang memang memiliki exposure besar dari sisi impor karena akan tekanan, dan perusahaan yang memiliki exposure besar dari sisi ekspor karena akan mendapatkan momentum di tengah pelemahan Rupiah.

Pilarmas merekomendasikan lima saham justru bakal melejit, yaitu:

Editor: Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Follow Channel Telegram Official kami untuk update artikel-artikel investor.id

Follow
IDTV Link
LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiZWh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM2NDY5MS9paHNnLXRlcnRla2FuLXBlbGVtYWhhbi1ydXBpYWgtY3Vhbi1saW1hLXNhaGFtLWp1c3RydS1iYWthbC1tZWxlaml00gEA?oc=5

2024-06-20 00:40:00Z
CBMiZWh0dHBzOi8vaW52ZXN0b3IuaWQvbWFya2V0LzM2NDY5MS9paHNnLXRlcnRla2FuLXBlbGVtYWhhbi1ydXBpYWgtY3Vhbi1saW1hLXNhaGFtLWp1c3RydS1iYWthbC1tZWxlaml00gEA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IHSG Tertekan Pelemahan Rupiah, Cuan Lima Saham Justru Bakal Melejit - Investor.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.