Search

Rumor PSBB Direvisi Bikin IHSG Terbang, Asing Kabur Rp 1,8 T - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Desas-desus penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total yang bakal direvisi oleh Pemprov DKI Jakarta berhasil mengangkat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2% lebih pada perdagangan Jumat ini (11/9/2020).

Pada pembukaan sesi II, IHSG tercatat melesat 2,02% ke level 4.990,09, bahkan sempat balik ke level 5.000 lagi. Namun sayangnya, investor asing masih keluar (net sell) dari pasar saham domestik.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), nilai transaksi saham mencapai Rp 10,81 triliun. Sementara itu, investor asing masing tercatat membukukan net sell Rp 1,89 triliun di semua pasar.


Dalam sepekan terakhir akumulatif, net sell sudah mencapai Rp 4,39 triliun dan year to date ada net sell Rp 36,50 triliun di semua pasar.

Kamis kemarin, IHSG sempat drop hingga 5,01% merespons kebijakan Gubernur DKI Anies Baswedan yang menyebutkan akan menerapkan PSBB total. Kebijakan tersebut membuat kaget dan kecewa dari pelaku usaha, kendati tujuan PSBB tersebut lantaran kasus corona di ibu kota meningkat signifikan dan mengkhawtirkan.

Namun belakangan beredar kabar, pemerintah pusat akan bertemu dengan Pemprov DKI Jakarta untuk membahas masalah tersebut.

Menurut sejumlah sumber, Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan akan bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain itu, Wali Kota Bogor Bima Arya yang ikut membahas pelaksanaan dan penerapan PSBB di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), juga membenarkan kondisi Jakarta saat ini memang darurat. Untuk itu, perlu diselaraskan dengan daerah-daerah di sekitar ibu kota.

"Pemprov DKI Jakarta masih merasa perlu untuk memantapkan lagi rencana tersebut selain itu diperlukan juga koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah pusat," kata Bima dalam keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (11/9/2020).

Kabar terakhir dari berbagai sumber menyebutkan, penerapan PSBB tetap diterapkan di DKI Jakarta dengan sejumlah pelonggaran. Tidak seperti pelaksanaan PSBB tahap pertama.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/tas)

Let's block ads! (Why?)


https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMieGh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL21hcmtldC8yMDIwMDkxMTE0MjMyNy0xNy0xODYxNTAvcnVtb3ItcHNiYi1kaXJldmlzaS1iaWtpbi1paHNnLXRlcmJhbmctYXNpbmcta2FidXItcnAtMTgtdNIBAA?oc=5

2020-09-11 07:44:33Z
52782376374631

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rumor PSBB Direvisi Bikin IHSG Terbang, Asing Kabur Rp 1,8 T - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.