Search

Beda Rangka eSAF dan Rangka Biasa - detikOto

Jakarta -

Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) motor skutik Honda baru-baru ini viral gegara dituding gampang karatan dan keropos. eSAF merupakan rangka baru yang diaplikasikan Honda sejak 2019 melalui skutik Genio. Apa yang membedakan rangka eSAF dengan rangka biasa?

Sebagai informasi rangka eSAF kali pertama digunakan Honda Genio pada awal peluncurannya di 2019. Rangka ini merupakan common part (komponen bersama) yang dipakai juga di model-model skutik Honda selanjutnya, seperti Scoopy, BeAT, dan Vario 160 model terbaru. Rangka biasa, umumnya tidak common part.

Dari segi arsitektur, rangka eSAF tentunya berbeda dengan rangka biasa. Kalau rangka biasa menggunakan batang-batang besi pipa yang dirangkai menjadi sebuah rangka yang utuh, maka rangka eSAF menggunakan pelat baja yang di-press dan dilas pakai laser welding.

Honda GenioHonda Genio Foto: Ridwan Arifin

Honda mengklaim beberapa keunggulan dari rangka eSAF tersebut, antara lain:

1. Lebih Ringan

Keunggulan pertama, rangka eSAF diklaim lebih ringan ketimbang rangka tube biasa. Pada Honda Genio misalnya, teknologi eSAF membuat bobotnya lebih ringan. Rangkanya dikatakan hanya berbobot 11 kg. Sementara rangka tube motor skutik Honda sebelumnya mencapai 15 kg. Hal ini membuat pengendaraan lebih nyaman dan mudah ketika bermanuver.

2. Bikin Motor Lebih Irit BBM

Ringannya rangka tersebut membuat motor lebih irit bahan bakar minyak (BBM). Pada Honda Genio, dalam tes internal dengan metode ECE R40 konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 59,1 km/liter (fitur ISS on), lalu Honda BeAT hingga 60,6 km/liter (fitur ISS on), Honda Vario 160 46,9 km/liter, dan Honda Scoopy 59 km/liter.

3. Minim Deformasi

Lembaran pelat baja yang dipress kemudian dilas menggunakan teknologi yang lebih canggih. Untuk penyatuan beberapa pelat baja yang dipress tadi, proses pengelasannya menggunakan alat las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi.

Pengelasan menggunakan laser welding diklaim mampu membuat rangka secara kualitas lebih baik dan tidak mempengaruhi komposisi frame body-nya. Deformasi hampir tak ada.

4. Ruang Lebih Besar

Penggunaan rangka eSAF membuat insinyur Honda bisa mendesain ruang yang lebih besar untuk bagian tangki bahan bakar dan bagasi. Honda BeAT memiliki bagasi 12 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter. Selanjutnya Honda Vario 160 memiliki kapasitas bagasi 18 liter dan tangki bahan bakar 5,5 liter. Kemudian Honda Genio punya bagasi 14 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter. Terakhir Honda Scoopy bagasinya 15,4 liter dengan tangki bahan bakar 4,2 liter.

Simak Video "Cuma Butuh 11 Hari, Honda Berhasil Jual Lebih dari 1.000 Motor "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMiR2h0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci9kLTY4ODk2MDUvYmVkYS1yYW5na2EtZXNhZi1kYW4tcmFuZ2thLWJpYXNh0gFLaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL21vdG9yL2QtNjg4OTYwNS9iZWRhLXJhbmdrYS1lc2FmLWRhbi1yYW5na2EtYmlhc2EvYW1w?oc=5

2023-08-22 08:03:39Z
2336529081

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beda Rangka eSAF dan Rangka Biasa - detikOto"

Post a Comment

Powered by Blogger.