Search

Hungaria Kucurkan Rp 4,7 T Garap Proyek Tol Tanpa Setop, Uji Coba Desember - detikFinance

Jakarta -

Hungaria kini menggarap proyek Multi Lane Free Flow (MLFF) alias bayar tol tanpa setop di Indonesia. Proyek strategis nasional ini sempat terhenti, namun kini berjalan kembali.

Rencananya pekan kedua Desember bulan depan ada uji coba MLFF di Tol Bali Mandara. Dalam proyek ini perusahaan Hungaria, Roatex, berinvestasi sebesar US$ 300 juta atau Rp 4,7 triliun.

Uji coba tersebut diselenggarakan PT Roatex Indonesia Toll System, perusahaan patungan Hungaria-Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"MLFF menjadi kisah sukses dalam perdagangan dan invetasi luar negeri Hongaria pada tahun 2021. Ini adalah ekspor transfer teknologi terbesar dalam sejarah ekonomi modern Hungaria," ujar Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay dalam acara Hunindotech 4.0 di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Sebagai informasi, sistem MLFF merupakan hasil dari kerja sama antara kedua negara diinisiasi pada 2016 silam. Dalam catatan detikcom, sistem ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone, yakni CANTAS.

Dengan menggunakan teknologi ini, GPS akan menentukan lokasi yang di-determinasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Estimasi waktu transaksi di gerbang tol akan turun menjadi 0 detik dengan menggunakan sistem MLFF. Sebelumnya kegiatan transaksi gerbang tol dengan uang elektronik memakan waktu sekitar 4 detik. Saat masih menggunakan transaksi tunai, waktu transaksi lebih lama lagi yaitu sekitar 10 detik.

Selain itu dengan menggunakan teknologi ini pihak BPJT dapat membuat biaya operasi jalan tol jadi lebih efisiensi. Sedangkan bagi pengguna jalan tol dapat meminimalisir bahan bakar kendaraan karena tidak perlu lagi berhenti dan mengantri di gerbang tol.

Penggunaan Global Navigation Satellite System (GNSS) sebenarnya sudah banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur termasuk Hongaria. Namun untuk saat ini di Indonesia sendiri penggunaan teknologi MLFF ini masih dalam tahap pengembangan.

(hns/hns)

Adblock test (Why?)


https://news.google.com/rss/articles/CBMie2h0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vaW5mcmFzdHJ1a3R1ci9kLTcwMzcxMzMvaHVuZ2FyaWEta3VjdXJrYW4tcnAtNC03LXQtZ2FyYXAtcHJveWVrLXRvbC10YW5wYS1zZXRvcC11amktY29iYS1kZXNlbWJlctIBf2h0dHBzOi8vZmluYW5jZS5kZXRpay5jb20vaW5mcmFzdHJ1a3R1ci9kLTcwMzcxMzMvaHVuZ2FyaWEta3VjdXJrYW4tcnAtNC03LXQtZ2FyYXAtcHJveWVrLXRvbC10YW5wYS1zZXRvcC11amktY29iYS1kZXNlbWJlci9hbXA?oc=5

2023-11-14 14:10:14Z
2601505279

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hungaria Kucurkan Rp 4,7 T Garap Proyek Tol Tanpa Setop, Uji Coba Desember - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.